Cryptocurrencies Telah Melakukan Perjalanan Liar

Mata uang digital utama, Bitcoin, mencapai $ 17.000 dalam nilai Kamis sebelum terjun kembali ke $ 14.000. Orang lain seperti itu mulai populer saat harga naik ke ketinggian yang melonjak. Sementara mata uang digital baru ini membantu beberapa investor perintis mendapatkan kekayaan cepat, otoritas federal memperingatkan potensi potensi kecurangan mereka. ICO kadang disebut "crowdsales" dan berfungsi sama dengan Initial Public Offering di pasar saham, namun tanpa peraturan pemerintah. 

Mereka biasanya menerima investasi dalam bentuk cryptocurrency sebagai ganti saham yang dikenal sebagai token. Tapi ICO bisa untuk startup apa pun - mereka tidak perlu menjadi perusahaan kriptocurrency.

Komisi Sekuritas dan Bursa telah memperingatkan investor untuk waspada terhadap "potensi penipuan" yang melibatkan Initial Coin Offerings.

Bitcoin.co.id

Unit Cyber yang baru dibentuk SEC telah mulai mengambil tindakan terhadap skema "pompa dan dump" di mana penipu memancing investor, mengambil uang mereka, dan lari.
Agensi menolak berkomentar secara spesifik tentang prevalensi kecurangan, namun Todd Kornfeld, seorang pengacara yang mengkhususkan diri pada peraturan keuangan dan juga teknologi ICO dan pemberat, mengatakan FBI mencari penipu yang jelas.

"Sejauh ini, kasus-kasus yang telah menarik perhatian pengawasan dan tindakan penegakan hukum tampaknya sangat terang-terangan, penipuan langsung yang tampaknya tidak pernah ada niat untuk benar-benar memberikan produk atau layanan, atau begitulah dugaannya," kata Kornfeld.

Pada tanggal 4 Desember, SEC mengatakan bahwa hal itu membekukan aset PlexCorps, sebuah perusahaan yang menjalankan ICO untuk cryptocurrency sendiri yang disebut PlexCoins. Ini menandai tindakan pertama dari Unit Cyber yang baru dibuat di dalam SEC yang ingin memerangi penipuan digital.


Badan tersebut mengajukan tuntutan perdata kepada Dominic Lacroix, rekannya Sabrina Paradis-Royer dan PlexCorps, karena "menyalahgunakan dana investor yang secara tidak sah diajukan melalui penawaran" PlexCoin yang tidak sah dan tidak terdaftar. Sebelum ditutup, ICO telah mengumpulkan hampir $ 15 juta dari ribuan investor sejak Agustus oleh dugaan membuat janji palsu untuk keuntungan 13 kali dalam waktu kurang dari sebulan.

"Kami bermaksud untuk melawan kasus ini bukan di media tapi di pengadilan," kata Jason Gottlieb, seorang pengacara untuk Lacroix dan Paradis-Royer. "Begitu pengadilan menghargai fakta dan hukum yang berlaku, saya yakin pengadilan akan datang untuk melihat kasus ini secara berbeda dari yang telah dipaparkan SEC di dalam makalahnya sampai saat ini."

Keluhan SEC mengatakan Lacroix adalah "subjek dari banyak proses yang berkaitan dengan aktivitas sekuritas palsu di Kanada."
Dalam kasus yang tidak begitu jelas, dia mengatakan bahwa investor dapat menjalankan pemeriksaan latar belakang gratis terhadap penyedia ICO melalui BrokerCheck di situs web Financial Industry Regulatory Authority.

Ada petunjuk lain untuk mendeteksi ICO yang dipertanyakan, katanya, seperti situs web amatir, kurangnya liputan di situs berita dan blog industri, kurangnya dokumentasi resmi, dan teknik penjualan terengah-engah yang gagal memperingatkan risiko potensial.

"Melihat ICO yang berpotensi menipu tidak berbeda dengan menemukan kecurangan dalam segala hal yang Anda beli atau pengaturan bisnis yang Anda masuki," kata Kornfeld. "Ini sebagian tampilan dan bau. Apakah semuanya terlihat benar?"

Meskipun suasana Wild West, pasar yang relatif baru ini, yang beroperasi di luar prinsip-prinsip mata uang nasional yang diatur, menjadi semakin sulit bagi Wall Street untuk diabaikan.

Pertukaran utama masuk ke dalam permainan. Mulai bulan ini, investor akan bisa menukar Bitcoin futures di Chicago Board Options Exchange dan Chicago Mercantile Exchange, dan Nasdaq bisa masuk daftar tahun depan.

FBI terus memperhatikan. Pada bulan November, FBI menugaskan pengusaha Brooklyn Maksim Zaslavskiy dengan kecurangan dan konspirasi untuk melakukan penipuan sekuritas karena diduga menipu investor dari $ 300.000 melalui penipuan ICO yang disebut REcoin yang dia klaim sebagai "kripto yang pertama kali didukung oleh real estat." Dia juga dipukul dengan keluhan sipil SEC.

Dia mengaku tidak bersalah. Pengacaranya, Jason Nagi dan Mildred Whalen, mengatakan Zaslavskiy tidak bermaksud untuk menipu investor.

Kecurangan bercak mungkin lebih mudah daripada memprediksi masalah keamanan maya.

Pada hari Rabu, NiceHash, sebuah pasar untuk pertambangan mata uang digital, mengatakan bahwa pihaknya menangguhkan sementara operasinya karena hacker mencuri kripto sebesar $ 70 juta.

Pertukaran lain telah runtuh atau hilang dalam keadaan yang dipertanyakan, seperti di Mt. Insiden Gox tahun 2014, di mana pertukaran bitcoin di Jepang ditutup dan membekukan dana ratusan juta dolar. Beberapa uang akhirnya dikembalikan dari dompet digital "terlupakan", namun perusahaan tersebut mengajukan kebangkrutan dengan hutang $ 64 juta. Pada tahun 2015, jaksa Jepang menugaskan Mt. Pendiri Gox Mark Karpelès dengan penggelapan. Dia mengaku tidak bersalah dan diadili awal tahun ini.

Garrick Hileman, associate penelitian senior di University of Cambridge Centre for Alternative Finance, mengatakan bahwa seringkali sulit untuk membedakan antara ICO yang gagal dan penipuan yang disengaja. Tapi dia mengatakan pengawasan peraturan meningkat, pada saat bersamaan pasar berkembang dan harga Bitcoin melonjak tinggi.

"Saya pikir regulator telah memberi isyarat dengan sangat jelas bahwa mereka mengawasi ruang ini dengan sangat ketat sekarang dan ini akan menakut-nakuti beberapa ICO yang lebih terang-terangan," katanya. "Saya pikir ICO yang kita lihat akan jauh lebih baik disamarkan, saya rasa mereka harus melakukannya, untuk menghindari pengawasan."

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cryptocurrencies Telah Melakukan Perjalanan Liar"

Post a Comment