Jenis-Jenis Program Pengganggu

Secara umum, program yang menyerang sistem komputer dikenal dengan sebutan virus,Tahukah anda, sebenarnya ada beberapa sebutan yang digunakan untuk merujuk ke pogram-program perusak sistem atau data , diantaranya adalah sebagai berikut :

Virus 
VIrus merupan kode jahat yang dapat mengganda dirinya sendiri. Virus dapat menyisipkan dirinya kedalam program atau menginfeksi berkas-berkas yang ada pada komputer. Kode virus dibuat dengan tujuan merusak sistem komputer.

Worm
Worm adalah sebuah kode program yang memanfaatkan celah keamanan yang terbuka pada satu sistem untuk menyerangnya. Worm lenih cerdik dari pada virus, selain menyebar dalam sebuah sistem (dapat menggandakan dirinya sendiri),worm juga dapat menyebar kebanyak sistem melalui jaringan yang terhubung kejaringan terinfeksi tanpa memerlukan peran aktif korban, seperti mengklik file yang menjadi tumpangannya. Seperti halnya virus,worm juga dapat merusak data dan sistem komputer.

Trojan
Trojan adalah sebuah kode program yang dibuat untuk memperoleh informasi dari sistem yang terinfeksi dan mengendalikan target. Informasi yang dimaksud seperti username, password,system log,data dan lain-lain. Trojan juga dapat merusak sebuah sistem atau jaringan.

Backdor
Backdor adalah sebuah kode program yang membuat pintu masuk dari belakang pada sebuah sistem. Dengan adanya pintu masuk ini, maka para hacker dapat dengan leluasa mengakses sistem(sebagai admin) dan sangat bisa melakukan pengerusakan.

Spyware
Spyware adalah sebuah kode pemrograman yang dibuat untuk menyerang sistem komputer dengan tujuan melakukan pencurian data milik pengguna. 

Malware
Malware adalah istilah yang digunakan merujuk ke sebuah program yang merusak sistem komputer . Dalam banyak kesempatan  telah mewakili setiap komputer.


Comments

Popular posts from this blog

Berbagai Jenis Sistem Operasi Apple

Strategi dan Taktik Keamanan Komputer

Kapten Peru Paolo Guerrero Melarang Tes Kokain Positif